5 Cara Mengatasi Nyeri Otot Kaki Saat Berdiri Lama

5 Cara Mengatasi Nyeri Otot Kaki Saat Berdiri Lama

04-September-2018
Share

Memiliki pekerjaan atau sering melakukan aktivitas yang mengharuskan kita untuk banyak berdiri memang cukup menguras energi dan membuat otot tubuh harus bekerja lebih keras, terutama bagian kaki, betis, dan paha setelah berdiri lama hingga pada akhirnya muncul rasa sakit pada bagian otot yang seringkali kita sebut dengan nyeri otot atau myalgia. Nyeri otot ini terjadi karena adanya ketegangan pada salah satu atau beberapa bagian tubuh dan melibatkan beberapa bagian, seperti ligamen, tendon, dan fasia atau jaringan ikat yang merupakan penghubung antara otot dan jaringan yang ada di sekitarnya, seperti saraf dan pembuluh darah.

Namun jangan khawatir, nyeri otot bukanlah satu penyakit yang memerlukan penanganan medis secara khusus, karena Anda juga bisa melakukan beberapa cara sederhana mengatasi nyeri otot berikut ini di rumah.

Mengompres dengan es batu

Langkah awal yang bisa dilakukan saat mengalami nyeri otot adalah dengan mengistirahatkan bagian yang terasa nyeri, kemudian mengompresnya dengan es batu. Selain dipercaya bisa mengurangi pembengkakan pada tubuh akibat cedera, es batu yang bersifat dingin ini akan menyampaikan sinyal ke saraf dan “mengelabuhi” otak agar tubuh tidak merasa nyeri lagi. Tidak hanya itu, mengompres dengan menggunakan es batu juga mampu memberikan rasa nyaman setelah trauma yang dirasakan tubuh saat nyeri otot.

Minum obat

Tindakan lainnya yaitu dengan minum obat pereda rasa sakit yang mengandung paracetamol atau ibuprofen. Kedua obat ini bisa dikonsumsi secara bersamaan jika diperlukan untuk mengurangi rasa nyeri.

Yoga atau meditasi

Jika terlalu takut untuk mengonsumsi obat pereda nyeri, alternatif lain yang bisa dicoba adalah dengan yoga atau meditasi untuk meredakan ketegangan pada otot yang bermasalah melalui berbagai gerakannya. Anda bisa mengikuti kelas yoga yang biasanya tersedia di pusat kebugaran atau di sanggar khusus yoga. Tidak hanya meredakan rasa nyeri saja, yoga juga dipercaya mampu meredakan bahkan membantu mempercepat pemulihan berbagai penyakit, melatih pernapasan, hingga membantu kelancaran proses melahirkan.

Olahraga rutin

Rasa nyeri yang timbul setelah berdiri lama juga bisa menandakan kalau Anda kurang berolahraga. Maka dari itu, Anda juga bisa mengobati ketegangan pada otot dengan olahraga secara rutin. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan berjalan, bersepeda, atau berenang juga akan sangat membantu pemulihan nyeri otot yang dialami.

Menempelkan koyo

Sudah menjadi kebiasaan bagi banyak orang untuk menempelkan koyo saat mereka merasakan nyeri pada bagian tubuh tertentu. Langkah ini juga bisa Anda lakukan setelah mengistirahatkan bagian yang nyeri. Jika sudah mengalami nyeri tubuh terutama bagian kaki, segera tempelkan NEO rheumacyl Koyo Hangat, ya. Dengan kandungan 3 Action yaitu methyl salicylate, menthol dan camphora terbukti efektif sebagai pereda nyeri otot, nyeri sendi, pegal linu, keseleo, terkilir, dan nyeri pada bagian tubuh lainnya. Jangan lupa untuk selalu menyediakan NEO rheumacyl Koyo Hangat, hangatnya pas, cepat meresap dan tidak berbekas. 

Related Article

OTOT

Obat Pereda Nyeri Otot yang Praktis untuk Traveling

Obat Pereda Nyeri Otot yang Praktis untuk Traveling - Pada akhirnya akan mengganggu keseruan perjalanan Anda. Agar bebas dari nyeri ...

Read More

OTOT

Obat Pereda Nyeri Otot untuk Ibadah Lancar

Obat Pereda Nyeri Otot untuk Ibadah Lancar - Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba terapkan, cek tips ...

Read More

OTOT

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Penyebab Sakit Pinggang

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Penyebab Sakit Pinggang - Jika dibiarkan, masalah ini akan mengganggu kualitas hidup Anda. Coba perhatikan ...

Read More