Cara Cepat Atasi Nyeri Pinggang

Cara Cepat Atasi Nyeri Pinggang

16-April-2018
Share

Bukan hal menyenangkan jika tiba-tiba Anda harus merasakan sakit pinggang sewaktu sibuk beraktivitas. Sakit pinggang terjadi pada area sekitar tulang lumbar diantara cakram, jaringan, otot dan saraf tulang punggung hingga organ tubuh di sekitar panggul dan perut. Sakit pinggang bisa disebabkan akibat beberapa hal, yang diantaranya; akibat terlalu seiring mengangkat beban berat, melakukan gerakan tak lazim yang menyentak, sendi yang meradang, hingga masalah pada kelengkungan tulang belakang.

Apabila sudah terlanjur menderita sakit pinggang, pastinya akan membatasi gerak Anda, baik saat beraktivitas maupun saat tidur. Rasa nyeri tak tertahankan membuat Anda tersiksa, bahkan terbangun saat tengah tidur malam. Solusi cepat untuk masalah ini, bisa dengan beberapa cara berikut ini;

#1: Suntikan Steroid Epidural

Merupakan tindakan medis yang berfungsi untuk meredakan sakit pinggang akibat adanya peradangan pada area pinggang. Tentunya suntikan steroid epidural ini tidak sembarangan dapat diberikan kepada penderita sakit pinggang begitu saja, tanpa resep dan rujukan dokter.

#2: Gunakan Bantal sebagai Penyangga

Untuk meringankan nyeri sewaktu tidur, Anda dapat meletakan bantal pada area pinggul ketika tidur. Menyangga bagian pinggul dan pinggang sewaktu tidur bertujuan untuk mempertahankan kurva dan menjaga lengkungan punggung bagian bawah agar tetap normal. Jadi jika Anda tiba-tiba merasa sakit pinggang sewaktu tidur, dapat mencoba cara ini.

#3: Relaksasi

Relaksasi adalah salah satu cara cepat untuk menanggulangi sakit pinggang. Caranya dengan melakukan peregangan (stretching), ini bermanfaat untuk mengurangi beban dan ketegangan pada punggung belakang yang juga berpengaruh pada area pinggang belakang.

#4: Terapi Panas dan Dingin

Ini merupakan terapi dengan cara mandi dengan air hangat atau mengompres bagian pinggang yang sakit dengan botol berisi air hangat. Cara ini dipercaya dapat membantu meringankan rasa sakit yang diarasakan. Sementara itu kompres dengan air dingin juga dipercaya dapat membantu meringankan nyeri pinggang. Namun perlu diingat, hindari kontak langsung antara es dengan kulit karena dapat menyebabkan luka seperti terbakar. Jadi bungkuslah es batu dengan kain sebelum menggunakannya atau dengan kantung kompres.

#5: Pain Relief Cream

Cara yang satu ini sangat mudah dan terbilang cepat mengatasi nyeri pada pinggang. Cukup oleskan NEO rheumacyl Cream yang efektif meredakan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal. Tekstur creamnya yang lembut, tidak lengket, hangatnya pas dan mudah diserap oleh kulit cepat meredakan sakit pinggang yang dirasakan, sehingga pergerakan Anda dapat kembali lancar!

Related Article

OTOT

5 Cara Mengatasi Nyeri Otot Kaki Saat Berdiri Lama

5 Cara Mengatasi Nyeri Otot Kaki Saat Berdiri Lama - Nyeri otot ini terjadi karena adanya ketegangan pada salah ...

Read More

OTOT

Ini 5 Penyebab Pegawai Kantoran Sering Nyeri Otot

Ini 5 Penyebab Pegawai Kantoran Sering Nyeri Otot - ...

Read More

OTOT

Salah Posisi Tidur Bikin Sakit Pinggang? Coba Posisi Tidur Ini

Salah Posisi Tidur Bikin Sakit Pinggang? Coba Posisi Tidur Ini - Lalu letakkan bantal untuk mengganjal jarak antara lutut ...

Read More