...

Lari Olahraga yang Kaya Manfaat untuk Kesehatan

17-February-2018
Share

Ingin menjadi pribadi yang lebih sehat dan fit? Anda bisa memilih olahraga yang murah meriah dan mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja seperti lari! Hanya dengan rutin berlari atau jogging, banyak manfaat yang dirasakan bagi kesehatan dan kebugaran tubuh, menjadikannya salah satu jenis olahraga yang banyak dicoba.

Mau tahu manfaat apa saja yang bisa didapat dari lari? Ikuti pembahasannya berikut ini:

Manfaat #1: Menyehatkan Jantung

Bukan hal yang baru lagi, jika dengan berlari akan menjauhkan Anda dari penyakit Jantung. Hal ini dikarenakan saat berlari, seluruh bagian tubuh ikut bergerak, mulai dari kaki dan paha hingga organ dalam tubuh ikut terpacu. Sirkulasi peredaran darah Anda pun menjadi lancar. Sistem kardiovaskular  pun makin sehat karena terus terlatih memompa darah dan membawa oksigen untuk menutrisi seluruh tubuh.

Manfaat #2: Menurunkan Berat Badan

Jika mengidamkan tubuh yang tidak hanya ideal tetapi juga fit, sebaiknya Anda mulai berolarahga lari. Hal ini dikarenkan timbunan lemak yang ada pada tubuh akan terbakar dan diubah menjadi energi tubuh ketika Anda berlari. Jika ingin mendapatkan berat badan dan tubuh yang ideal dengan sehat, sebaiknya, mulailah berlari secara rutin.

Manfaat #3: Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Apabila olahraga lari dilakukan secara teratur akan meningkatkan ketahanan tubuh Anda. Saat metabolisme dalam kondisi prima maka imun akan mampu melawan virus atau bakteri yang masuk melalui sistem pencernaan dan pernapasan. Imun yang kuat dan sehat tentunya akan menjauhkan Anda dari alergi, batuk, serta flu.

Manfaat #4: Membuat Happy dan Mengurangi Stres

Berlari akan membantu tubuh Anda melepaskan hormon endorfin, yang merangsang otak menimbulkan good mood. Selain itu, lewat Journal of Adolescent Health dengan melakukan olahraga lari berdurasi 30 menit secara intens dapat meningkatkan kebugaran, memperbaiki kualitas tidur sehingga stres berkurang Andapun dapat berkonsentrasi dengan baik. Melakukan olahraga lari bersama teman-teman dekat, pastinya juga akan membuat senang.

Manfaat #5:   Meningkatkan Daya Ingat

Sirkulasi darah yang baik saat berlari akan membuat banyak oksigen masuk dalam jaringan tubuh, termasuk juga otak. Oksigen yang ter-supply secara baik ke otak akan membantu meningkatkan daya ingat Anda. 

Segudang manfaat olahraga lari, tentunya dapat memacu semangat Anda untuk mulai hidup sehat dan bugar. Karenanya jangan biarkan pegal-pegal, nyeri otot dan sendi menghalangi usaha Anda untuk mendapatkan jasmani yang lebih sehat dan bugar, dengan berlari.

Apabila saat berolahraga Anda mengalami cedera yang mengakibatkan nyeri otot dan sendi, disertai bengkak serta radang sendi akibat berlari, oleskan segera NEO rheumacyl Anti Inflammation. Jangan lupa juga untuk menerapkan langkah ini jika pergelangan kaki Anda cedera. Nyeri reda, pergerakan kembali lancar, Andapun dapat mulai rutin berolahraga lari kembali. 

Related Article

OTOT

Pereda Nyeri Otot Setelah Berolahraga

Pereda Nyeri Otot Setelah Berolahraga - Nyeri otot adalah reaksi yang normal terjadi jika otot Anda melakukan aktivitas berat. ...

Read More

OTOT

Sering Sakit Pinggang di Sebelah Kiri? Bisa Jadi ini Penyebab Gejala Tersebut

Sering Sakit Pinggang di Sebelah Kiri? Bisa Jadi ini Penyebab Gejala Tersebut - ...

Read More

OTOT

Ini Dia Penyebab Kram Alias Kejang Otot

Ini Dia Penyebab Kram Alias Kejang Otot - Anda mungkin pernah mengalami hal-hal tersebut atau yang biasa dikenal sebagai ...

Read More