Pegal-pegal saat bangun tidur Yuk simak alasannya

Pegal-pegal saat bangun tidur Yuk simak alasannya

23-November-2017
Share

Kebanyakan orang tidak tahu jika posisi tidur sangat penting untuk diperhatikan. Sebab, pada beberapa kondisi kesehatan tertentu, posisi tidur yang salah tidak hanya mengakibatkan sakit badan atau pegal-pegal, tetapi juga berisiko menjadi lebih buruk. Umumnya posisi tidur yang banyak diketahui adalah telentang, telungkup, atau berbaring miring. Namun, jika salah satu posisi tersebut justru menyebabkan rasa sakit atau pegal saat bangun tidur, maka disarankan untuk mengganti posisi dengan yang lebih pas berdasarkan keluhan nyeri yang Anda rasakan. Karena, apabila dilakukan secara terus menerus, dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan. Coba temukan posisi tidur yang tepat dan baik lewat tips berikut.

Posisi Tidur Telentang

Dikatakan juga sebagai posisi netral, karena posisi ini membuat kepala, leher, dan tulang belakang beristirahat dalam keadaan sejajar. Ini berarti, tidak ada tekanan ekstra pada area-area tersebut yang dapat membuat Anda sakit atau nyeri sendi saat bangun. Namun pastikan posisi kepala Anda lebih tinggi dari perut, untuk menangkal (Gastro-oesophageal reflux) atau asam lambung naik kembali ke tenggorokan.

Posisi Tidur Menyamping

Selain dapat menghindarkan dari sakit punggung, dan sakit leher, posisi tidur menyamping dengan meluruskan kaki juga dapat menurunkan refleks asam lambung. Tidur menyamping juga dapat membuat saluran pernapasan terus terbuka, sehingga sangat baik untuk mereka penderita gangguan tidur berupa sleep apnea, karena dapat melancarkan aliran oksigen yang cukup ke area otak. Agar lebih nyaman, Anda bisa menggunakan bantal atau guling di antara kedua kaki. Hal ini bisa membantu meredakan tekanan pada pinggul dan punggung bawah.

Posisi Tidur Janin

Atur posisi badan Anda menyamping ke arah kiri, tubuh membungkuk, dan lutut ditekuk, seperti janin dengan menempatkan bantal diantara lutut Anda. Posisi tidur ini membantu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan mengurangi tekanan pada tulang belakang Anda.

Posisi Tidur Telungkup

Atur posisi dengan menggunakan bantal di bawah kepala Anda, tempatkan juga bantal di bawah panggul atau perut bagian bawah. Tidur dengan cara telungkup ini dapat mengurangi ketegangan pada punggung. Hanya saja pastikan Anda merasa nyaman tanpa adanya gangguan pernapasan.

Lewat posisi tidur yang baik, tentunya dapat menghindarkan Anda dari rasa pegal dan nyeri sendi. Namun jika nyeri otot pada leher, nyeri sendi dan nyeri bagian tubuh lainnya datang tanpa Anda duga, gunakan segera NEO rheumacyl Koyo Hangat. Mengandung methyl salicylate, menthol dan camphora yang efektif sebagai pereda nyeri otot, nyeri sendi, pegal linu, keseleo, terkilir, dan nyeri bagian tubuh lainnya. NEO rheumacyl Koyo Hangat, hangatnya pas, mudah meresap dan nyaman dipakai sehingga Anda dapat tidur dengan nyenyak.

Related Article

OTOT

Obat Pereda Nyeri Otot yang Praktis untuk Traveling

Obat Pereda Nyeri Otot yang Praktis untuk Traveling - Pada akhirnya akan mengganggu keseruan perjalanan Anda. Agar bebas dari nyeri ...

Read More

OTOT

Obat Pereda Nyeri Otot untuk Ibadah Lancar

Obat Pereda Nyeri Otot untuk Ibadah Lancar - Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda coba terapkan, cek tips ...

Read More

OTOT

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Penyebab Sakit Pinggang

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Jadi Penyebab Sakit Pinggang - Jika dibiarkan, masalah ini akan mengganggu kualitas hidup Anda. Coba perhatikan ...

Read More