Pain Relief Center  Ini Penyebab Memar Membiru Setelah Terbentur

Pain Relief Center Ini Penyebab Memar Membiru Setelah Terbentur

25-April-2018
Share

Pernah terpikir mengapa bagian tubuh tertentu berubah rona jadi membiru (memar) ketika terbentur? Hal ini dikarenakan pecahnya pembuluh darah kecil akibat benturan cukup keras yang terjadi. Darah yang merembes akibat pecahnya pembuluh darah kecil ini, kemudian masuk ke dalam jaringan lunak di bawah kulit sehingga menimbulkan memar berwarna  tertentu, diantaranya; merah, hijau, biru serta kuning.

Menurut Medline Plus yang dilansir oleh Diply, perubahan warna memar yang muncul ini disebabkan tubuh menyerap darah dan berusaha menyembuhkan luka dalam. Pembengkakan dan nyeri biasanya terjadi bersamaan dengan memar atau benjolan yang diakibatkan karena darah berkumpul di bawah jaringan yang rusak tersebut. Agar lebih jelasnya ikuti pembahasan berikut;

#1: Memar Berwarna Merah

Memar ini biasanya muncul seperti rona titik-titik berwarna kemerahan, yang juga merupakan tahap awal dari cedera yang berakibat memar. Warna merah terang muncul, terjadi karena kandungan tinggi zat besi yang bercampur dengan oksigen dalam darah.

#2: Memar Berwarna Biru

Benturan yang cukup kuat dapat menyebabkan pecahnya pembuluh darah di bagian bawah kulit serta berkurangnya oksigen di area benturan tersebut. Hal ini adalah penyebab memar berwarna menjadi kebiruan atau ungu. Zat besi yang dilepaskan di sekitar pembuluh darah yang pecah akhirnya memberi warna kebiruan atau ungu ini pada sekitar area cedera.

#3: Memar Berwarna Hijau

Tahapan memar selanjutnya adalah berwarna hijau. Pada tahap ini luka cedera Anda sedang dalam penyembuhan! Saat memar mulai sembuh, tubuh melepaskan hemoglobin yang merupakan metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah, yang fungsinya adalah sebagai pengangkut oksigen  yang mengubah memar jadi warna hijau.

#4: Memar Berwarna Kuning

Selain menandakan luka yang tidak terlalu dalam dan serius, meski dalam keadaan yang belum sepenuhnya pulih, namun memar berwarna kuning juga menandakan luka Anda yang sudah hampir sembuh. Hal ini dikarenakan tubuh mulai merespon dengan membersihkan sisa-sisa kotoran pendarahan yang terjadi di dalam. Kemudian tubuh akan melepaskan zat kimia untuk membantu memecahkan semua senyawa bilirubin. Hingga akhirnya secara perlahan kulit Anda menjadi pulih dari bekas memar.

Untuk mencegah parahnya memar akibat benturan dan lamanya proses penyembuhan, ada baiknya begitu terbentur segera oleskan NEO rheumacyl Anti Inflammation sebagai solusi efektif meredakan nyeri tak tertahankan, nyeri otot dan sendi yang disertai bengkak, kemerahan dan radang sendi. Memar cepat teratasi, pergerakan dan aktivitas Anda lancar kembali!

Related Article

SARAF OTOT

4 Gerakan untuk Redakan Sakit Pinggang Sebelah Kiri

4 Gerakan untuk Redakan Sakit Pinggang Sebelah Kiri - Bahkan ada beberapa gerakan olahraga yang bisa merelaksasi dan melenturkan pinggang ...

Read More

SARAF OTOT

Posisi Yoga untuk Atasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Posisi Yoga untuk Atasi Sakit Pinggang Sebelah Kanan - Salah satu penyebab Anda sering mengalami sakit pinggang adalah karena Anda ...

Read More

SARAF OTOT

5 Aktivitas ini Memang Bikin Nyeri Otot, Tapi Seru Banget Dilakukan Bareng Keluarga

5 Aktivitas ini Memang Bikin Nyeri Otot, Tapi Seru Banget Dilakukan Bareng Keluarga - lebih seru lagi jika dilakukan bersama ...

Read More