...

Cara Mengatasi Nyeri Sendi Pada Lutut

10-October-2017
Share

Sendi di bagian lutut termasuk bagian yang sering mengalami nyeri. Khususnya jika Anda tergolong orang yang aktif berolahraga, sering membawa barang-barang berat, punya berat badan di atas normal, atau memiliki penyakit asam urat. Agar nyeri sendi lutut tidak menjadi hambatan untuk Anda beraktivitas, simak tips Cara Mengatasi Nyeri Sendi Pada Lutut berikut ini.

Lakukan

  • Latihan ringan
    Latihan kardio ternyata bisa memperkuat otot yang menopang lutut dan meningkatkan kelenturan. Latihan beban dan peregangan juga dilakukan asalkan dalam kapasitas yang ringan dan tidak berlebihan. Untuk cardio, berjalan kaki, berenang, aerobik air, bersepeda statis bisa jadi pilihan yang cocok. Tai chi juga bisa membantu mengurangi kekakuan dan meningkatkan keseimbangan.
     
  • Gunakan alat bantu
    Kebanyakan orang enggan terlihat ‘sakit’ dan menolak menggunakan alat bantu untuk berjalan. Padahal tongkat atau deker benar-benar bisa mengurangi beban pada lutut Anda untuk sementara waktu hingga kondisi lutut Anda membaik.
     
  • Makanan untuk tulang
    Minumlah susu rendah lemak untuk melawan osteoarthritis - salah satu penyebab sendi lutut sering terasa sakit. Selain itu, sebuah penelitian juga menunjukan orang yang rutin mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C lebih jarang mengalami gejala osteoarthritis serta gangguan tulang dan persendian lainnya dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

 

Hindari

  • Terlalu banyak istirahat
    Tidak bergerak dalam waktu yang lama justru bisa melemahkan otot Anda dan akhirnya  memperburuk nyeri sendi. Temukan program latihan yang aman untuk lutut Anda dan lakukan secara rutin sebagai bentuk terapi untuk sendi Anda. Jika tidak yakin gerakan apa yang boleh dilakukan, konsultasikan dulu dengan dokter atau terapis fisik Anda.
     
  • Hindari gerakan ekstrim
    Minimalisir gerakan-gerakan ekstrim yang mungkin bisa memperparah rasa nyeri di lutut. Misalnya terlalu sering naik-turun tangga, mengangkat galon air minum, atau olahraga yang menuntut banyak gerakan lompatan. Intinya, jangan bebani sendi lutut Anda terlalu berat.
     
  • Mengabaikan berat badan
    Jika Anda kelebihan berat badan, maka menurunkan berat badan akan mengurangi tekanan pada lutut Anda. Anda bahkan tidak perlu mencapai berat "ideal" Anda. Perubahan berat badan, walaupun kecil, akan menciptakan perbedaan.
     
  • Menggunakan sepatu yang 'buruk'
    Sol sepatu yang empuk dapat mengurangi tekanan pada lutut Anda. Untuk osteoarthritis lutut, dokter sering merekomendasikan sol khusus yang bisa dimasukkan ke dalam sepatu Anda. Gunakan sol tersebut agar kondisi lutut tidak semakin parah.

Untuk mengurangi rasa nyeri sekaligus memelihara kesehatan persendian, oleskan juga NEO rheumacyl Joint Care dengan kandungan Methyl Salicylate, Methyl Sulfonyl Methane dan Glucosamine secara teratur hingga kondisi lutut terasa membaik!

Related Article

SENDI

Hindari Kebiasaan ini Saat Puasa agar Terhindar dari Masuk Angin

Hindari Kebiasaan ini Saat Puasa agar Terhindar dari Masuk Angin - Ubah kebiasaan tersebut agar masuk angin tak lagi muncul ...

Read More

SENDI

Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Berolahraga

Siapa yang sangka jika ternyata mandi menggunakan air dingin setelah berolahraga justru merupakan hal benar dan dianjurkan. ...

Read More

SENDI

Mengapa Olahraga di Dalam Air Lebih Sehat Bagi Persendian

Anda punya problem di seputar persendian? Yuk jadwalkan untuk berolahraga di dalam air ...

Read More