blog 1

ARTIKEL

Jika selama ini Anda mandi menggunakan air panas / hangat setelah melakukan aktivitas berolahraga guna menghilangkan lelah sekaligus mengembalikan kebugaran,

Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Berolahraga

Jika selama ini Anda mandi menggunakan air panas / hangat setelah melakukan aktivitas berolahraga guna menghilangkan lelah sekaligus mengembalikan kebugaran, maka itu adalah pemahaman / kebiasaan yang salah! Siapa yang sangka jika ternyata mandi menggunakan air dingin setelah berolahraga justru merupakan hal benar dan dianjurkan. Makin penasaran dan mau tau alasannya, ikuti pembahasan berikut;

#1: Melancarkan Peredaran Darah Dalam Tubuh

Mandi atau berendam dalam air dingin setelah berolahraga bisa melancarkan kembali peredaran darah. Hal ini juga mempengaruhi tingkat efisiensi jantung sehingga mampu memompa dan mengalirkan darah lebih baik keseluruh tubuh.

#2: Mengatasi Nyeri Otot

Setelah melakukan kegiatan olah raga yang cukup intens, seringkali setelahnya Anda akan merasakan nyeri, terutama jika Anda jarang berolahraga. Rasa nyeri yang Anda rasakan biasanya terasa pada otot-otot tertentu seperti lengan, punggung, kaki bahkan seluruh tubuh. Ini merupakan hal baik karena otot rasa nyeri pada otot menunjukan kinerja otot untuk memperkuat dan memperbaiki jaringan setelah beraktivitas. Anda bisa meredakan rasa nyeri dengan berendam dalam air dingin bersuhu antara 10 hingga 15 derajat Celcius selama 12 menit.

#3: Mengurangi Peradangan Sendi

Radang sendi setelah berolahraga dapat dikurangi dengan merendam bagian yang mengalami peradangan dengan menggunakan air dingin. Cara ini dipercaya dapat membantu menurunkan cairan yang ada pada daerah otot, dan dipercaya dapat mengurangi peradangan sendi. Hal ini yang menyebabkan ketika terjadi cedera, dokter selalu menyarankan untuk segera mengompres area yang sakit dengan es.

#4: Mengurangi (Inflamasi) Pembengkakan

Jika terjadi pembengkakan setelah berolahrga, untuk menanggulangi peradangan berendam dengan air dingin dapat menjadi solusi yang efektif. Hal ini dikarenakan air dingin bisa membuat pembuluh darah pada tubuh menjadi lebih sempit, sehingga pembengkakan / peradangan pun dapat berkurang.

Jangan biarkan nyeri otot, nyeri sendi, keseleo dan pegal-pegal meghalangi niatmu untuk terus bergerak dan makin sehat dengan berolahraga. Nah, Anda bisa coba ke-4 cara diatas untuk meredakan nyeri sesudah berolahraga. Tetapi supaya nggak repot dan mudah oleskan saja NEO rheumacyl Cream Karena diformulasikan dengan tepat sehingga hangatnya pas, tidak lengket dan cepat diserap oleh kulit. Kini tersedia dalam 2 ukuran yaitu kemasan 30 gram & 60 gram, yang memudahkan kamu untuk menggunakannya dimana saja dan kapan saja.

SHARE ON :