...

Mengapa Olahraga di Dalam Air Lebih Sehat Bagi Persendian

23-March-2018
Share

Olahraga air mulai banyak diminati banyak orang, karena memiliki berbagai manfaat terutama bagi Anda yang menderita nyeri atau peradangan sendi. Bahkan berolahraga di dalam air merupakan jenis olahraga yang disarankan bagi penderita radang sendi. Mengapa demikian?

Olahraga air seperti renang, seperti yang dilansir dari laman rona.metrotvnews.com, mampu mengurangi rasa sakit dan meningkatkan fleksibilitas. Selain itu, menurut US Centers for Disease Control and Prevention, olahraga air mampu mengurangi risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan jiwa kita. Sebab, mekanisme olahraga air lebih minim cedera dibandingkan dengan olahraga di tempat kering atau darat yang rawan benturan akibat pengaruh gravitasi. Anda punya problem di seputar persendian? Yuk jadwalkan untuk melakukan olahraga berikut secara rutin:

#1: Berenang

Gaya bebas dan gaya dada bermanfaat untuk melatih persendian dan membuat bagian tubuh seperti; leher, tangan, dan rangka tulang belakang bergerak dengan nyaman. Selain kedua gerak tersebut, Anda juga dianjurkan mencoba “gaya punggung” yang dapat memperkuat otot-otot bagian punggung dan bahu, serta membantu ‘membuka’ rongga dada. 

#2: Berjalan dalam Air

Jika berenang membuat Anda kecapaian, coba beralih sejenak untuk mencoba berjalan dalam air. Gerakan berjalan di dalam air akan membuat seluruh badan bergerak, sehingga baik untuk melatih otot-otot di sekitar jantung, perut, pinggang, paha dan betis serta telapak kaki. Anda juga bisa menggunakan pemberat khusus di dalam air.

#3: Aerobik

Kelas olahraga aerobik air ini mulai naik daun dan marak diselenggarakan dengan sebutan ‘Aqua Zumba’ dan ‘Aqua Fit’ di pusat-pusat kebugaran ternama ibukota. Langkah pertama adalah jalan di dalam kolam dengan tetap menapak tanpa tenggelam. Lanjutkan dengan berbagai gerakan koreografi khas aerobik sesuai arahan instruktur yang ingin Anda ikuti. Selain itu, Anda dapat melakukan angkat beban dengan barbel khusus atau menggunakan pemberat khusus di dalam air.

#4: Aqua Yoga

Pada dasarnya yoga yang dilakukan di dalam air akan terasa lebih ringan dibandingkan dengan floor yoga. Hal ini dikarenakan adanya efek “non weight bearing exercise” atau latihan gerakan yang dilakukan tanpa disangga oleh berat badan Anda sendiri. Aqua yoga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekuatan otot serta baik bagi fleksibilitas tubuh.

#5: Aqua Spin

Bersepeda ternyata bisa juga kita lakukan di air, lho! Melansir laman Prevention.com, bersepeda di air juga bermanfaat untuk memperbaiki keseimbangan, mobilitas, dan fleksibilitas. Struktur tulang, persendian dan otot Anda pun akan terlatih.

 

Jadi jika Anda masih ragu-ragu untuk mencoba berbagai air, kini Anda bisa mulai mencoba beberapa rekomendasi pada pembahasan di atas. Rutin berolahraga tentunya dapat mengurangi keluhan seperti; nyeri sendi, kram dan kesemutan. Namun jika setelah berolahraga Anda merasakan nyeri karena kelelahan dan penyesuaian latihan. Redakan saja nyeri yang Anda Rasakan setelah berolahraga dengan NEO rheumacyl Cream Joint Care. Kandungan Methyl Salicylate, Methyl Sulfonyl Methane dan Glucosamine, efektif meredakan nyeri sendi sekaligus memelihara kesehatan persendian. Nyeri otot teratasi, Andapun bebas bergerak dan dapat berlatih kembali. 

Related Article

SENDI

Manfaat Mandi Air Dingin Setelah Berolahraga

Siapa yang sangka jika ternyata mandi menggunakan air dingin setelah berolahraga justru merupakan hal benar dan dianjurkan. ...

Read More

SENDI

Ini Dia Asal Usul 'Kerokan' yang Jadi Pereda Masuk Angin

Teknik pengobatan tradisional yang awalnya berasal dari China pada abad ke-5 hingga 7 ini kemudian merambah beberapa negara Asia lain ...

Read More

SENDI

Mengenal Apa Itu 'Frozen Shoulder Syndrome'

Mungkin istilah 'Frozen Shoulder Syndrome' masih terdengar asing bagi kebanyakan orang. Jadi sebenarnya Frozen shoulder atau adhesive capsulitis adalah ...

Read More